Dengan semakin berkembangnya zaman semakin banyak pula aktifitas yang dilakukan oleh masyarakat, baik yang terkait dengan aktifitas rutin seperti bekerja yang pada dasarnya untuk menunjang kebutuhan harian, namun juga diluar itu, banyak aktifitas yang dilakukan tujuannya hanya untuk memuaskan keinginan atau pengalihan perhatian dari rutinitas harian sehingga dapat membuat kehidupan lebih berwarna, salah satu kegiatan itu yang disebut dengan hobi. Tidak dipungkiri banyak sekali jenis-jenis hobi yang digeluti khususnya masyarakat Indonesia, dari sekian banyak hobi yang dapat dijalankan yaitu hobi memelihara hewan, kali ini kita akan sedikit membahas tentang hobi memelihara ikan hias jenis koi.

Ikan koi adalah salah satu ikan hias yang banyak digemari oleh orang di seluruh dunia. hal ini dikarenakan ikan koi memiliki keindahan corak khas pada tubuhnya. Semakin bervariasi corak pada ikan koi, maka semakin mahal harganya.

Ikan koi adalah ikan hias yang berasal dari negeri China. Pada awalnya, ikan koi dianggap sebagai ikan mas biasa oleh masyarakat China. Istilah koi baru digunakan oleh masyarakat Jepang karena memiliki corak yang indah. Jepang disebut sebagai penduduk pertama dalam membudidayakan ikan koi sebagai ikan hias.

Masyarakat Jepang mempercayai bahwa ikan koi dapat membawa hoki bagi pemiliknya. Ikan ini juga dipercaya masyarakat Jepang sebagai simbol cinta dan persahabatan yang abadi. Ikan koi juga dapat diartikan sebagai ikan yang mempunyai garis rapi di kedua sisi badannya yang dianggap mempunyai nilai seni yang tinggi. Saat ini, banyak jenis ikan koi yang telah dibudidayakan di Indonesia.

Bahkan ikan koi dapat dijual dengan harga miliyaran rupiah. Sebelum memutuskan untuk memelihara ikan koi, ada baiknya perhatikan cara merawat ikan koi agar tidak mudah mati. Terutama bagi pecinta koi yang masih pemula.  

Tahukah Kamu? Ikan Koi Termasuk Ikan yang Berumur Panjang, Di Jepang, ada ikan koi yang hidup hingga 200 tahun.

Mempersiapkan Kolam Ideal Bagi Ikan Koi

Ikan koi membutuhkan kualitas air yang baik seperti ikan hias lainnya. pastikan juga kolam mendapatkan sinar matahari yang cukup sehingga kolam memiliki suhu yang hangat dan dapat menjadikan ikan koi lebih sehat, selain itu Anda harus mempersiapkan air jernih yang bebas dari zat kimia. Bagi anda yang ingin membuat kolam menggunakan semen, sebaiknya tidak langsung digunakan.

Untuk mempercepat menghilangkan bau semen, anda dapat gunakan pelepah pisang. Terdapat filter yang biasa digunakan oleh para peternak koi sebagai cara merawat ikan koi yang bagus.

Filter ikan koi biasanya berlapis untuk menyaring kotoran maupun bakteri lebih sempurna. Ikan koi tidak disarankan untuk dipelihara pada aquarium, karena koi membutuhkan ruang gerak yang luas. Namun anda bisa menggunakan kolam dari semen, kolam taman, maupun kolam tanah. 

Atur Jumlah Koi Dalam Satu Kolam


Ikan koi membutuhkan ruang gerak yang luas, sehingga kolam dibuat sedikit besar agar ikan dapat bergerak dengan cukup lega dan tumbuh besar. Cara merawat ikan koi ini perlu diperhatikan, karena jumlah ikan yang terlalu banyak dapat menghambat pertumbuhan ikan koi.

penting untuk selalu menjaga kualitas air yang digunakan. Hal ini bisa kamu lakukan dengan memasang filter air. Sistem filter akan menyaring kotoran halus dan mengurai racun ammonia sisa proses pencernaan ikan. Dengan cara merawat ikan koi satu ini, kebersihan air kolam bisa selalu terjaga. akan lebih baik lagi apabila juga dilengkapi dengan tumbuhan air, sehingga kotoran ikan koi yang bisa meyebabkan kondisi kesehatan ikan koi menurun dapat terserap lebih sempurna.

pastikan kebutuhan oksigen kolam ikan koi juga terpenuhi dengan seimbang, karna memang ikan koi lebih banyak membutuhkan asupan oksigen kedalam kolam, ini bisa dilakukan dengan memberi aliran oksigen kedalam kolam melalui pipa-pipa udara atau aliran air dari pompa air yang biasa dipasang dalam aquarium

Pemberian Pakan Ikan Koi


Pilih pelet berkualitas untuk ikan kesayanganmu, tak hanya itu, beri asupan tambahan dengan pelet yang mengandung protein tinggi. Yakni, pelet dengan kandungan protein lebih dari 30 persen dan kandungan lemak sekitar 5 persen.

Sebelum memberinya pada ikan, rendam dulu pelet di air selama 30-60 detik, Agar pelet lebih mudah dicerna dan tak menyumbat saluran pencernaannya.

Berikutnya, kamu perlu tahu, saluran pencernaan ikan koi termasuk pendek, sehingga ia tak dapat mencerna makanan dengan banyak dan cepat, beri makan dengan jumlah sedikit dalam satu waktu untuk mencegahnya kelebihan makanan, makanan yang berlebih juga bisa berakibat pada peningkatan ammonia di dalam kolam, sebagai patokan, untuk kolam berukuran 1,5 meter persegi dengan populasi maksimal, sebaiknya kamu beri pakan 100 gram/hari.

Ada banyak sumber nutrisi tambahan yang bisa kamu berikan pada ikan koi. Misalnya, kamu bisa memberi ikan udang kecil setiap dua minggu sekali, atau memberinya kacang polong, wortel, maupun selada. Nutrisi tambahan ini akan membantu ikan tumbuh dengan baik di kolammu.

Memilih Ikan Koi yang Sehat

Banyak sekali ragam dari varian ikan koi, setidaknya ada 54 corak dan warna yang harus anda pahami, bagi anda yang masih pemula mungkin akan kebingungan untuk menbedakan antara corak yang satu dengan yang lain.

BACA JUGA “ikan koi kelas kontes”

Selain corak para pecinta koi juga harus bisa membedakan ikan koi yang sehat dengan yang dalam kondisi sakit, ikan koi yang sehat cenderung memiliki warna yang lebih cerah, selain warna yang cerah gerakannya juga lincah meluk-liuk seperti memiliki irama, ikan koi yang sehat juga memiliki gerakan mengambil udara kepermukaan secara konstan dengan ritme yang teratur atau bisa dikatakan tidak mengambang.

Ikan koi yang sehat juga lebih suka berenang berkelompok dan apabila dikasih pelet ikan segera bereaksi karna napsu makan yang baik.

saat semua perlengkapan dan proses telah dilakukan seperti yang telah disebutkan di atas, proses selanjutnya adalah karantina, jadi para penghobi ikan koi ini tidak bisa langsung mengisi kolam kesayangannya dengan ikan koi yang baru dibeli, ikan koi harus melalui proses karantina terlebih dahulu. apabila para penghobi ikan koi pemula yang masih ragu melakukan proses untuk memilih baik dari corak, dan ukuran kami EBISUKOI bisa memberikan masukan dan berbagi informasi seputar ikan koi, terutama ikan koi koleksi dari kami.

MENYEDIAKAN IKAN KOI PILIHAN DAN BERKELAS

Lebih dari satu dasawarsa kami telah membudidayakan ikan koi dengan kualitas serta berkelas, membudidayakan dengan pengawasan dan seleksi yang sangat ketat dilakukan oleh para petani ikan koi kami tentu saja yang telah berpengalaman untuk setiap proses pembudidayaan dari ikan koi dari kami.

Di wilayah BLITAR inilah kami mengembangkan dan memperluas budidaya ikan koi bersama para spesialis pemelihara ikan koi, selain memiliki wilayah yang asri dan memiliki air dengan kandungan PH yang baik untuk perkembangbiakan ikan koi, Blitar juga merupakan wilayah yang telah turun temurun menjadi tempat mengembangbiakkan ikan jenis ini.

Tidak sedikit pula para pecinta ikan koi dari berbagai wilayah mempercayakan kebutuhan ikan koi mereka kepada kami karna memang di tempat kami selalu mampu menyediakan berbagai jenis ikan koi berkelas, sehingga para mitra kami telah menjadi bagian penting dari berkembangnya EBISUKOI. Ikan koi koleksi kami merupakan dari genetis indukan yang terjaga kualitasnya dan juga Setiap jenis ikan koi koleksi kami telah melalui seleksi yang sangat ketat.

Kami juga menyediakan berbagai jenis dan varian baik dari corak, ukuran dan umur, koleksi ikan koi kami merupakan dari pijahan induk ikan koi terpilih sehingga menghasilkan keturunan dengan kualitas yang terjaga, jangan kawatir soal Harga, apa yang kami persembahkan merupakan hasil terbaik yang kami miliki namun untuk harga tetap bersahabat.

SEGERA DAPATKAN KOLEKSI IKAN KOI DARI KAMI DAN DAPATKAN PENAWARAN KHUSUS SETIAP HARINYA


Call Me

CP FIAN 0821 3242 4424